Lewis Hamilton Rebut Pole Position GP Abu Dhabi

Selebrasi Lewis Hamilton setelah merebut pole position GP Abu Dhabi. (Andrej ISAKOVIC / AFP)

Abu Dhabi: Lewis Hamilton tetap agresif menyambut seri terakhir F1GP 2018 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Meski menyegel gelar juara musim ini, dia tetap menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi, Sabtu 24 November.

Hamilton yang berasal dari Inggris sukses memimpin sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 34.794 detik. Torehan itu merupakan rekor baru di lintasan dan merupakan pole position ke-11 dalam 21 balapan Hamilton di sepanjang tahun ini.

Klik: Lewis Hamilton Tercepat di FP3 GP Abu Dhabi

Sebastian Vettel yang melambat pada putaran akhir membuat Valtteri Bottas berada di urutan kedua. Situasi ini tentu menguntungkan tim Mercedes yang menaungi Hamilton dan Bottas untuk memperkokoh status sebagai pabrikan terbaik.

Tim Red Bull sudah berjuang keras untuk bersaing dengan Mercedes dan Ferrari. Tapi, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen yang menjadi dua pembalapnya tetap saja berada di urutan kelima dan keenam. Verstappen dikabarkan tidak senang dengan hasil ini.

Klik: Niki Lauda tak Sabar Kembali Bantu Mercedes

Pembalap tim Haas, Romain Grosjean, masih menjadi pemimpin para pembalap papan tengah dengan menduduki posisi ketujuh. Pencapaiannya diikuti ketat oleh Charles Leclerc dan Esteban Ocon.  Grosjean itu sendiri berselisih lebih dari sedetik dengan Hamilton.

Pierre Gasly dari tim Toro Rosso mengalami kendala ketika menyelesaikan putaran akhir sesi kualifikasi. Saat itu, mobilnya mogok karena mesinnya bermasalah. Dengan begitu, Gasly harus terima memulai start dari posisi 17.

Berikut hasil lengkap F1GP Abu Dhabi:

 

(KAU)