Hamilton Juara, Mercedes Jadi Konstruktor Terbaik Lima Kali Beruntun

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, merayakan kemenangannya di GP Brasil (AFP/Nelson Almeida)

Sao Paulo: Kemenangan yang diraih Lewis Hamilton di GP Brasil mengantar timnya, Mercedes, meraih gelar konstruktor terbaik untuk kali kelima secara beruntun. Kemenangan yang diraih Hamilton juga menjadi yang ke-72 dalam kariernya dan ke-10 pada musim ini.

Pembalap asal Inggris itu sebelumnya memastikan gelar juara F1 musim ini di GP Meksiko. Titel tersebut menjadi yang kelima bagi pembalap 33 tahun tersebut.

Meski sempat kesulitan di awal lomba, Hamilton akhirnya mampu memastikan diri menjadi yang tercepat di sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace. Kepastian itu didapat usai Max Verstappen yang sebelumnya berada di posisi terdepan mengalami tabrakan dengan Esteban Ocon pada lap 44. 

Baca juga: Kalahkan Verstappen, Hamilton Juara GP Brasil

Akibat insiden tersebut, Verstappen hanya mampu finish di posisi kedua. Selain itu, Verstappen juga terlibat cekcok dengan Ocon seusasi lomba dan harus dilerai steward yang bertugas.

Berkat kemenangan Hamilton, Mercedes kini memuncaki klasemen konstruktor dengan mengantongi 620 poin. Perolehan angka Mercedes disusul oleh Ferrari yang ada di posisi kedua dengan nilai 553.

Gelar konstruktor terbaik yang diraih Mercedes semakin mendekatkan mereka pada rekor Ferrari yang menjadi konstruktor terbaik enam kali beruntun. Gelar tersebut dicapai di era Michael Schumacher pada 1999 hingga 2004.

Video: Marcus/Kevin Juara Fuzhou China Open 2018

(ACF)